Beberapa Point Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas, Mau Tahu?

Penyebab mesin mobil panas sepertinya belum banyak diketahui orang. Ini terlihat dari banyaknya kabar mengenai mobil mogok atau yang tiba-tiba terbakar saat sedang melaju di jalan. Perlu Anda ketahui bahwa kondisi tersebut diakibatkan karena mobil overheat yang disebabkan karena suhu mesin meningkat. Lalu apa faktor yang menyebabkan kondisi demikian? Berikut beberapa hal yang perlu diketahui.

Hal pertama yang perlu Anda ketahui adalah cek kerusakan pada radiator. Bagian ini memiliki fungsi yang penting untuk mengatur suhu mesin. Jika radiator terkendala maka akan berpengaruh terhadap pada sistem pendinginan. Kondisi ini menyebabkan mesin cepat panas.

Selain kendala, kurangnya cairan pada tangki radiator juga akan menyebabkan suhu mesin meningkat. Umumnya semakin tua mobil maka semakin sering tangki radiator diisi.

Selanjutnya adalah cek thermostat apakah masih berfungsi atau tidak. Ini merupakan alat yang berguna untuk mengukut suhu di dalam mesin dan berhubungan dengan kinerja radiator. Ketika suhu mesin rendah, maka alat ini akan mengatur air agar tetap berada di dalam radiator.

Apabila thermostat bermasalah maka sirkulasi air pendinginan terganggu dan panas akan terus meningkat kemudian menyebabkan overheat.

Penyebab mesin mobil cepat panas selanjutnya adalah salah memilih oli atau menggunakan oli abal-abal. Oli yang tidak berkualitas biasanya tidak mampu menahan suhu panas sehingga mudah menguap. Kondisi mesin yang tidak terlumasi olih dapat menimbulkan gesekan yang menyebabkan mesin overheat.

Selain pemilihan oli yang kurang baik, kondisi lain juga dapat terjadi karena kebocoran. Cara mudah mengetahui jika mobil overheat adalah munculnya asap putih dari dalam kap.

Hal lain yang perlu penyebab overheat adalah kondisi kipas pendingin mati. Kipas memiliki fungsi untuk menyedot udara dingin dari luar. Biasanya kipas dapat rusak jika salah memasang atau kendala lain yang berdampak pada suhu udara dalam mesin cepat panas. Cek juga kondisi fanbelt apakah masih berfungsi normal, kendur, atau putus. Periksa dinamo yang menggerakkan kipas dan pastikan masih berfungsi normal.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *