Inilah Tips Jika Anda Bingung Memilih Reksa Dana

Reksa dana saat ini mulai diminati banyak orang. Namun tidak sedikit juga yang masih bingung mengenai reksa dana mana yang sebaiknya dipilih. Pertanyaan yang kerap muncul di masyarakat tersebut tentu dapat membuat bingung. Sebenaranya reksa dana memiliki banyak keuntungan untuk jangka pendek hingga jangka panjang.

Bagi yang masih bingung memilih reksa dana untuk investasi Anda, berikut beberapa tips yang perlu Anda ketahui.

Tujuan Investasi

Pertama sebelum Anda memilih reksa dana mana yang akan Anda pilih maka Anda harus ketahui terlebih dahulu tujuan investasi. Investasi memiliki tiga kategori yakni jangka pendek, menengah, dan jangka panjang. Jika Anda ingin investasi jangka panjang maka pilihlah reksa dana saham. Ini karena reksa dana saham cenderung memberi hasil yang positif.

Apabila inging investasi jangka pendek seperti dua atau tiga tahun kedepan maka reksa dana pendapatan tetap karena hasilnya lebih pasti, meski keuntungan yang didapat lebih sedikit.

Manajer Investasi (MI)

Seperti yang kita ketahui, reksa dana dikelola oleh Manajer Investasi. Dengan Manajer Investasi artinya kita tidak perlu repot-repot untuk melakukan investasi. Meski demikian, Anda harus memilih manajer yang tepat dan sudah berpengalaman.

Untuk memilih manajer yang tepat maka lihatlah rekam jejak orang tersebut. Biasanya faktor bagaimana manajer mampu mengelola risiko. Selain itu, usia manajer investasi juga perlu Anda perhatikan. Meski banyak orang yang tidak mementingkannya, namun hal ini sebagai gambaran ketangguhan suatu perusahana yang dipimpinnya.

Usia Reksa Dana

Jika Anda ingin investasi reksa dana maka perhatikan usia reksa dana tersebut. Reksa dana yang Anda pilih paling tidak sudah berumur karena sudah banyak pengalaman dan setidaknya sudah teruji kinerjanya.

Beberapa investo ada juga yang tidak memperhatikan usia reksa dana, asalkan Mi-nya bonafide, produk reksa dana dapat menguntungkan. Apapun reksa dana yang Anda pilih sebenarnya memiliki kesempatan untuk mendapatkan keuntungan. Asalkan beberapa tips di atas dapat Anda gunakan sebagai acuan sebelum memilih reksa dana.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *