Mandalika Kembali Mendapat Kucuran Investasi Rp 17 Triliun

Sesuai dengan program pemerintah yang sudah dicanangkan, Indonesia 20 Juta wisatawan asing 2019. Salah satu pengembang investasi pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Coorporation (ITDC) melalui pengelola kawasan pariwisata The Mandalika mengucurkan dana investasi pariwisata senilai Rp 17,7 Triliun untuk pengembangan pariwisata di Mandalika.

Total nilai investasi mencapai Rp 17,7 tersebut berasal dari tujuh investor pariwisata dengan total investasi Rp 3,2 triliun kemudian sisanya dari Vinci Construction and Grand Projets (VCGP) dengan investasi senilai 1 miliar dolar AS atau Rp 14,6 triliun sehingga jika ditotal maka investasi Mandalika mencapai Rp 17 triliun.

khusus dengan Vinci Construction and Grand Projets (VCGP), pihaknya telah menandatangani perjanjian Master LUDA untuk membangun lintasan balap di dalam kawasan. Diharapkan dengan terbangunnya lintasan tersebut yang direncanakan dimulai pada 2019, KEK Mandalika bakal bisa menyelenggarakan balap MotoGP.

Lintasan sirkuit MotoGP di KEK Mandalika ini mencapai 4,2 kilometer yang dibangun di atas lahan seluas 160 hektare, dengan 130 hektare di antaranya diperuntukkan untuk pembangunan sirkuit dan 20 hektare untuk hotel, rumah sakit, dan fasilitas pendukung lainnya.

Untuk pengembangan berbagai fasilitas dan pendukung pariwisata di KEK Mandalika memang ada beberapa pembangunan yang direncanakan akan rampung di akhir tahun 2018 ini.

Beberapa fasilitas tersebut adalah Masjid Nurul Bilad, Kuta Beach Park, Pengolahan air berteknologi SWRO, infrastruktur kawasan dan jalan sepanjang 11 km. Termasuk, kawasan sentra UMKM Bazaar Mandalika.

Kemudian di awal tahun 2019 sendiri akan mulai digarap beberapa proyek investasi pariwisata dengan membangun hotel Pullman dan Paramount. Termasuk, pembangunan jalan sepanjang 20 kilometer yang dimulai pada 2019, dengan alokasi anggaran sekitar Rp700-800 miliar.

Kawasan KEK Mandalika menjadi salah satu kawasan yang masuk menjadi prioritas pemerintah terutama Kementerian Pariwisata mendulang wisatawan asing datang ke Indonesia selain Pulau Bali. KEK Mandalika sendiri menjadi salah satu KEK yang memilki progres paling baik dari segi masuknya investasi dan pembangunan yang sedang berlangsung daripada KEK lainnya.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *