Perhatikan Hal Ini Sebelum Kredit Mobil Bekas

Kredit mobil bekas menjadi solusi terbaik bagi masyarakat yang ingin memiliki mobil sebagai kebutuhan transportasi saat ini. Mobil merupakan transportasi yang dibutuhkan terutama bagi mereka yang sudah berkeluarga. Pergi bersama dalam satu kendaraan menjadi lebih mudah dan praktis.

Harga mobil baru yang semakin mahal ternyata membuat masyarakat lebih memilih membeli mobil bekas. Saat ini sudah banyak penjual mobil bekas yang menawarkan kredit dengan cicilan yang ringan. Meski demikian, sebelum Anda memutuskan untuk kredit mobil bekas maka perhatikan hal-hal berikut.

Pertama, pilihlah jenis mobil sesuai dengan kebutuhan. Jika Anda menginginkan mobil untuk keluarga maka carilah jenis MPV yang dapat memuat tujuh penumpang. Saat ini banyak sekali pilihan mobil jenis MPV yang dapat Anda pilih seperti Avanza, Xenia, Mobilio, Ertiga dan sebagainya.

Usahakan Anda membeli langsung dari tangan pertama karena harga yang ditawarkan pasti lebih murah. Untuk lebih meringankan biaya cicilan, Anda lebih baik membeli mobil dengan sistem kredit bank dibandingkan dengan leasing. Ini karena suku bunga dari bank jauh lebih murah.

Kedua, kredit mobil bekas tentu membutuhkan DP atau uang muka. Sebelum menentukan besaran uang muka, Anda perlu memerhitungkan berapa cicilan yang Anda mampu Anda bayarkan setiap bulannya. Umumnya uang muka yang dibutuhkan untuk kredit kendaraan adalah 20-30 persen. Semakin tinggi uang muka yang Anda bayarkan maka cicilan perbulan akan semakin ringan.

Perhitungan terbaik untuk cicilan kendaraan adalah diambil dari 30% penghasilan bulanan Anda. Sehingga cicilan yang dikeluarkan tidak memberatkan pengeluaran Anda.

Ketiga, selain memperhitungkan besaran DP dan cicilan bulanan Anda juga harus memperhitungkan jangka waktu kredit mobil bekas. Umumnya penjual menawarkan jangka waktu 1 tahun, 3 tahun, dan 5 tahun. Jika Anda memiliki pendapatan bulanan yang sudah cukup, maka usahakan pilih cicilan dengan jangka waktu singkat. Hindari cicilan jangka waktu lama karena bunga yang ditanggung juga akan lebih besar.

Keempat, hal penting yang perlu diperhatikan dalam membeli mobil bekas adalah periksa kelengkapan surat kendaraan, termasuk cek fisik kendaraan. Pastikan nomor rangka dan nomor mesin sesuai dengan STNK.

Terakhir, sebelum Anda menentukan kredit mobil bekas, maka dibutuhkan test drive. Ini untuk mengetahui kondisi mobil dari segi mesin dan fitur interior apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *