Permintaan Unik Anak Rambut Gimbal di Dieng

Dieng Culture Festival menjadi acara tahunan yang ditunggu-tunggu oleh travelers. Karnaval seni dan budaya ini diadakan di Dataran Tinggi Dieng sejak tahun 2010. Acara ini selalu dipenuhi pengunjung dari berbagai daerah seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta dan sebagainya.

Agar dapat mengikuti semua rangkaian acara, pengunjung diharapkan membeli tiket eksklusif. Tiket tersebut berupa ID Card dan beberapa merchandise yang dapat digunakan untuk masuk ke acara Dieng Culture Festival. Panita biasanya menyediakan 3.500 tiket eksklusif dan setiap tahun pasti habis terjual.


Untuk itu bagi para travelers yang ingin menyaksikan gelaran karnaval tahunan ini harus cepat membeli tiket eksklusif karena biasanya tiket sudah habis sebulan sebelum acara.

Ada berbagai acara yang dapat pengunjung nikmati di acara yang berlangsung selama tiga hari tersebut. Bahkan beberapa acara melibatkan pengunjung secara langsung seperti karnaval balon dan karnaval lampion. Pengunjung juga dapat menyaksikan musik Jazz ataus awan yang dimeriahkan musisi jas populer Indonesia.
Salah satu puncak acara pada Dieng Culture Festival adalah ruwatan rambut gimbal. Ini merupakan ritual pemotongan anak rambut gimbal. Menurut masyarakat Dieng, anak yang memiliki rambut gimbal adalah titisan dari Kyai Kolo Dete yang merupakan punggawa di masa Mataram Islam.

Munculnya rambut gimbal pada anak ditandai dengan panas tubuh yang tinggi beberapa hari. Suhu tubuh biasanya akan normal dengan sendirinya bersamaan dengan munculnya rambut gimbal pada anak. Rambut gimbal tersebut akan terus tumbuh dan untuk memotongnya dibutuhkan ritual khusus atau ruwatan.

Pengadaan ruwatan harus mengikuti aturan khusus yakni atas dasar kemauan anak. Yang unik adlaah beberapa anak rambut gimbal memiliki permintaan yang unik dan itu harus dipenuhi sebelum ruwatan. Beberapa anak memilih barang yang kekinian seperti tablet atau laptop. Ada juga anak rambut gimbal yang meminta dianter penari lengger dengan membawa kalung emas.

Permintaan anak rambut gimbal lainnya seperti meminta telur satu keranjang, minta anak sapi, minta lima buah durian dan lima uang merah. Permintaan-permintaan unik tersebut memang harus dipenuhi terlebih dahulu sebelum diadakan ruwatan. Konon jika tidak maka rambut gimbal akan tumbuh kembali dikemudian hari.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *