Pesawat Menjadi Transportasi Paling Aman, Ini Penjelasannya

Menggunakan alat transportasi memang baik udara, laut dan darat pasti memiliki resiko kecelakaan. Melihat dari beberapa data dan survey yang dilakukan baik di Indonesia atau internasional masih menempatkan pesawat sebagai salah satu transportasi paling aman untuk dinaiki.

Melihat data dan survey yang dilakukan oleh United States Department of Transportation (DOT) dan dipublikasikan oleh Bureau Of Transportation bahwa setiap tahunnya dilakukan pendataan tentang statistik korban jiwa yang dikarenakan oleh kecelakaan transportasi. Data ini digunakan untuk membandingkan mana yang lebih aman dari berbagai jenis transportasi yang ada di dunia.

Dari ketiga jenis transportasi yang memang beroperasi di seluruh Negara mulai dari darat, laut dan udara menempatkan pesawat adalah transportasi teraman saat ini.

Senada dengan survey dan data yang dilakukan oleh DOT, Ikatan Pilot Indonesia (IPI) menyebutkan bahwa transportasi menggunakan pesawat masih paling aman saat ini dibandingkan dengan jenis transportasi lainnya.

“Ikatan Pilot Indonesia berharap agar keyakinan publik terhadap moda transporasi udara tidak berkurang, karena secara spesifik, moda transportasi udara masih merupakan moda transportasi yang paling aman serta efisien,” ujar Executive Chairman IPI, Captain Rama Noya, saat konferensi pers di Gedung Graha Dirgantara, Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Jumat (2/11/2018) dilansir dari detik.com.

Akhir-akhir ini muncul keraguan dari masyarakat tentang kelayakan dan keselamatan menggunakan pesawat. Hal ini dikarenakan beberapa hari yang lalu terjadi kecelakaan pesawat Lion Air JT160 yang jatuh di perairan Karawang dan menewaskan seluruh awak pesawat berjumlah 189 orang.

Sampai saat ini sendiri masih terus dilakukan upaya pencarian korban dan kabar gembira dari operasi pencarian pesawat Lion Air JT160 adalah pada tanggal 01/11 ditemukan kotak hitam peswat (Black Box pesawat) yang menjadi kunci pengungkapan jatuhnya pesawat Lion Air JT160.

Pengungkapan penyebab jatuhnya pesawat Lion Air JT160 yang nantinya dilakukan oleh Komite Nasional Keselamatan Transportasi mudah-mudah bisa mengungkap penyebab jatuhnya pesawat Lion Air JT160, sehingga kedepannya bisa menjadi pembelajaran bagi dunia penerbangan Indonesia tidak terjadi hal semacam ini. Dan yang terpenting adalah memberikan keyakinan pada masyarakat bahwa pesawat memang masih menjadi transportasi paling aman saat ini.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *