Teknologi Chip Micoach Dan Sepatu Pintar Sepak Bola

Perkembangan teknologi yang pesat juga mempengaruhi segala aspek kehidupan tidak terkecuali olahraga sepakbola, dan salah satu teknologi pintar itu bernama Micoach.

MiCoach adalah sebuah alat yang mampu mengukur gerak dan kinerja yang dilakukan oleh tubuh seseorang. Perangkat ini sendiri dapat dipakai memantau fisik, dan kecepatan seseorang saat melakukan kegiatan olahraga seperti lari dan diletakan dibalik alas sepatu.

Teknologi Micoach saat ini memang masih sangat terbatas penggunaan dan pemasaranya, bahkan baru ada pabrikan terkenal Adidas yang memproduksi dan menggunakanya di sepatu sepakbola Adizero F50 pabrikanya.

Dengan teknologi canggih didalmnya yang sudah melalui riset panjang juga memiliki kelemahan dibalik nilai positif yang disematkan.

Micoach hanya bisa digunakan  8jam dalam satu hari, sedangkan untuk dayanya alat ini menggunakan baterai yang dapat diganti enam bulan sekali. Tetapi, alat ini tidak tahan terkena air, hal tersebut cukup disayangkan mengingat kondisi lapangan sepakbola di Indonesia masih cukup buruk dan sering berlumpur ketika hujan tiba.

Fitur teknologi informasi tersebut dapat di upload dan dibagi melalui sistem nirkabel dengan perangkat gadget lainnya seperti handset smartphone, tablet, PC maupun Mac.

MiCoach untuk PC atau Mac harganya berkisar Rp799 ribu, sedangkan untuk iPhone Rp899 ribu. Adidas sendiri menawarkan paket lengkap yaitu, adizero F50 dan MiCoach seharga Rp2.678.400 termasuk speed sensor dan MiCoach connect.

Teknologi yang resmi diluncurkan tahun 2012 memang masih dalam tahap pengembangan sampai saat ini, pihak Adidas masih terus mengembangkan teknoologi Micoach secara berkala agar mampu dimaksimalkan untuk pemain sepakbola dan tidak mungkin untuk cabang olahraga lainya.

Hal ini memang sejalan denga perkembangan Science sports, bukan hal mustahil jika pemanfaatan teknologi berbasis olahraga terus mendapatkan perhatian dari berbagai pihak produsen apparel olahraga terkemukan di dunia.

Teknologi memainkan peran aktif dalam semua bidang dan sektor kegiatan manusia, namun pemanfaatan harus selalu mendapatak pantauan serius dari semua pihak agar nantinya teknologi bisa dgunakan semaksimal mungkin tanpa mengurangi estetika dalam olahraga khususnya.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *