5 Cara Mudah Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan

BPJS Ketenagakerjaan merupakan salah satu asuransi kesehatan nasional untuk melindungi para pekerja di Indonesia. Menurut peraturan sesuai undang-undang tentang proteksi jaminan ketenagakerjaan, setiap karyawan perusahaan wajib memiliki BPJS Ketenagakerjaan dan perusahaan wajib mendaftarkan karyawannya guna mendapatkan asuransi.

Manfaat yang didapat jika Anda ingin memiliki BPJS Ketenagakerjaan adalah selama Anda bekerja maka akan mendapat perlindungan dalam bentuk kesehatan dan finansial. Jika Anda mengalami kecelakaan kerja maka BPJS Ketenagakerjaan akan meng-cover pengeluaran kesehatan. Keuntungan launnya adalah ketika Anda pensiun atau sudah tidak bekerja maka dana BPJS Ketenagakerjaan Anda dapat dicairkan.

Untuk iuran bulanan, para pekerja cukup membayar 3% dari gaji per bulannya. Sedangkan pekerja kantoran biaya yang harus dibayarkan tiap bulannya adalah 9%-10%. Selama membayar iuran bulanan, Anda juga dapat mengecek berapa saldo BPJS Ketenagakerjaan Anda. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan.

Cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan yang paling mudah adalah dengan mendatangi kantor BPJS Ketenagakerjaan. Caranya adalah dengan menyebutkan nomot akun Anda serta menunjukan kartu BPJS. Setelah itu petugas akan mencetak saldo BPJS Anda.

Cara yang kedua adalah dengan menggunakan SMS. Anda cukup mendaftar terlebih dahulu untuk medapatkan No.ID dengan cara ketikk REG#No.BPJS Ketenagakerjaan#Tanggal Lahir#Nama Ibu Kandung# dan kirim ke 08111009696. Setelah Anda mendapatkan ID lalu Anda ketik Saldo#Nomor ID dan kirim ke 08111009696.

Cara ketiga adalah dengan cek saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui ATM BNI. Jika Anda merupakan nasabah BNI maka Anda dapat mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui ATM BNI. Namun perlu Anda ketahui bahwa cara ini hanya untuk mengecek saja dan tidak untuk pengembalian saldo yang ada dalam rekening.

Cara keempat adalah dengan cek saldo secara online malalui website BPJS Ketenagakerjaan. Langkah yang harus Anda lakukan adalah melakukan registrasi lalu masuk ke situs https://es.bpjsketenagakerjaan.go.id/#tenagakerja lalu Anda isi informasi yang ada dan submite data. Saat Anda mendaftar secara online Anda akan medapatkan sms untuk mengaktifkan akun. Setelah registrasi Anda dapat login dan melihat menu Lihat Saldo JHT.

Cara terakhir cek saldo BPJS Ketenagakerjaan adalah melalui aplikasi BPJSTK Mobile. Caranya lakukan registrasi di website lalu login menggunakan akunmu di aplikasi BPJSTK Mobile dan Pilih Saldo JHT.

 

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *