7 Kisah Pahit para Pengusaha Sukses yang Bisa Jadi Inspirasi Bangun Bisnismu

Kisah pahit para pengusaha sukses terkadang bisa menjadi inspirasi bagi pebisnis muda yang sedang merintis. Tidak hanya memberikan pelajaran berharga, perjalanan hidup pengusaha sukses kadang memberikan semangat tambahan. Wajar saja jika kisah-kisah semacam itu sering diperdengarkan.

Sayangnya, kisah pahit yang dialami pengusaha sukses justru tidak banyak diketahui oleh banyak orang. Akibatnya mereka hanya memandang keberhasilan seseorang saja. Untuk menambah wawasan, telah kami rangkumkan beberapa kisah pahit para pengusaha sukses.

Daftar Kisah Pahit para Pengusaha Sukses

  • Bob Sadino

Kisah pahit para pengusaha sukses pertama datang dari Bob Sadino. Pengusaha nyentrik ini termasuk pengusaha yang mengalami jatuh-bangun sebelum akhirnya memetik hasil yang memuaskan. Bob tidak langsung merintis usahanya, ia sempat menjadi pegawai selama sembilan tahun.

Setelah memiliki banyak pertimbangan, Bob akhirnya banting stir menjadi pengusaha. Bisnis pertamanya adalah penyewaan mobil dengan modal satu mobil Mercedes yang ia supiri sendiri.

Namun pada suatu ketika Bob mengalami kecelakaan. Terpaksa ia menghentikan bisnis yang tengah ia rintis. Tak sampai situ, Bob kembali bangkit. Ia sempat menjadi buruh bangunan dengan upah harian. Saat itu ia melihat peluang bisnis ternak ayam dan telur ayam negeri.

Dengan modal yang ia pinjam dari tetangga, Bob pelan-pelan memulai bisnisnya. Ia menawarkan dagangannya sendiri dari rumah ke rumah. Setelah berjuang selama beberapa waktu akhirnya Bob mulai menuai hasilnya. Ia kemudian mengembangkan bisnisnya dengan menjual daging dan sayuran hidoponik. Bob Sadino bahkan berhasil mendirikan supermarket yang menjual produk peternakan dan pertanian.

  • Jeff Bezos

Kisah pahit para pengusaha sukses kedua datang dari Jeff Bezos. Ia adalah pengusaha yang melahirkan tren e-commerce dengan inovasi luar biasanya. Sejak kecil ia memang menunjukkan minatnya ke dalam dunia teknologi. Saat menempuh pendidikan, Jeff tidak mengandalkan biaya dari orang tuanya. Ia terpaksa bekerja sebagai staff dapur di McDonald untuk menunjang kehidupannya.

Ia juga menabung dari hasil kerjanya. Dari tabungannya itu Jeff yang dibantu sang ibu mulai mendirikan bisnis. Kini bisnis Jeff bernilai lebih dari 117 triliun Dolar AS.

  • Susi Pudjiastuti

Kisah pahit para pengusaha sukses ketiga datang dari Susi Pudjiastuti. Siapa sih yang tak kenal dengan pengusaha sekaligus mantan Menteri Kelautan dan Perikanan RI ini? Susi adalah pebisnis di bidang perikanan dan pemilik maskapai penerbangan.

Susi Pudjiastuti (okezone)

Setelah Susi memutuskan berhenti sekolah SMA, ia mulai usaha sebagai pedagang pakaian dan bed cover. Suatu ketika Susi melihat peluang bisnis ikan di Pangandaran. Dari situ ia pelan-pelan bisnis perikanan dengan modal awal hanya ratusan ribu saja hasil jual perhiasan.

Susi membeli ikan dari modalnya lalu ia pasarkan ke restoran-restoran. Dengan kegigihannya, pengusaha itu berhasil menguasai bursa pelelangan ikan di Pangandaran. Ia bahkan berhasil merambah ke dunia ekspor ikan dan lobster.

  • Ciputra

Kisah pahit para pengusaha sukses keempat datang dari Tjie Tjin Hoan atau Ciputra. Ia  tidak dilahirkan dari keluarga kaya. Saat usianya 12 tahun, ayahnya dipenjara. Dengan begitu Ciputra harus berjuang membantu ibunya mengurus ternak.

Kegigihannya bekerja dan belajar membuahkan hasil. Ia diterima di Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan jurusan Arsitektur. Setelah lulus, ia dan kawannya mendirikan perusahaan yang bernama PT. Daya Cipta yang bergerak di dunia architect consultation.

Dari perusahaannya ia dipercaya menjalankan beberapa proyek dari pemerintah DKI Jakarta. Ia berhasil membangun pusat perbelanjaan hingga dipercaya membangun Taman Impian Jaya Ancol.

  • Reza Nurhilman

Kisah pahit para pengusaha sukses kelima datang dari pendiri kripik legendaris “kripik setan” Maicih. Dalam membangun bisnisnya, Reza mengandalkan modal 15 juta rupiah pada tahun 2020. Dengan modal segitu, Reza mulai memasarkan produknya lewat media sosial.

Reza berusaha berpikir lain daripada yang lain. Dengan modal yang sedikit ia sengaja tak membuka outlet sendiri dan hanya bekerja sama dengan agen penyalurnya yang disebut dengan Jenderal. Para Jenderal memberi informasi lokasi penjualan kripi setan setiap harinya. Dari cara tersebut Reza mampu meraih omzet sebesar Rp7 miliar per bulan.

  • John Paul DeJoria

Kisah pahit para pengusaha sukses keenam datang dari luar negeri, yakni John Paul DeJoria. Ia adalah pengusaha yang memroduksi produk rambut. Sebelumnya, John Paul DeJoria adalah pekerja serabutan. Pasca keluar dari angkatan laut AS, John melakukan pekerjaan apapun, mulai dari tukang antar koran, petugas kebersihan, bahkan sopir truk.

Pada suatu hari, John pergi ke salon untuk menata rambutnya. Ia bertemu dengan penata rambut yang bernama Paul Mitchell. Tertarik dengan produk yang digunakan Paul, John akhirnya bekerja sama dan membangun produk rambut dengan nama Paul Mitchell. Kini John Paul Mitchell telah memiliki net worth sebesar 2.3 miliar Dolar AS.

  • Sunny Kamengmau

Sunny Kamengmau juga memiliki kisah pahit para pengusaha sukses. Ia adalah lelaki yang berada di balik tas tangan merek Robita. Tas ini populer di Jepang dan termasuk barang yang diidamkan. Di balik mendunianya tas Robuta, Sunny ternyata tak lulus SMA.

Mengawali bisnis hanya bermodal nekat. Ia pergi dari kampung halamannya di NTT menuju ke Bali. Di kota itu ia bekerja sebagai tukang sapu sebuah hotel. Karena berdedikasi tinggi, Sunny diangkat sebagai satpam. Sambil menjaga keamanan ia ternyata sempat belajar bahasa Inggris dan bahasa Jepang. Gajinya ia sisihkan untuk membeli kamus dua bahasa asing itu dan mulai belajar.

Pada suatu hari ia berkenalan dengan seorang pengusaha asal Jepang. Sunny diminta untuk memasok tas kulit ke negaranya. Pertamanya memang tertatih-tatih. Ia bahkan kehilangan penjahit tas yang ia pekerjakan. Namun perlahan semakin lancar dan memiliki ratusan pegawai. Itulah beberapa kisah pahit para pengusaha sukses. Inspirasi bisa datang dari mana saja, termasuk cerita pahit yang berbuah manis.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *