Kokoh Nan Menawan Pesona Rinjani Yang Menopang Danau Segara Anakan

Indonesia memang kaya akan estetika alamnya. Gunung, laut, persawahan, semuanya menampilkan alangkah menawannya alam Indonesia. Salah satu pesona alam Indonesia yakni Gunung Rinjani. Gunung dengan ketinggian 3.726 mdpl ini, memang salah satu opsi bagi para pendaki, yang dikunjungi pendaki dalam negeri ataupun dari luar negeri. Bagaimana tak, cerita yang tersebar seputar keindahannya, membikin tiap-tiap pendaki pasti tertantang untuk mengeksplorasi gunung yang berlokasi di Lombok, Nusa Tenggara Barat ini.

Medan pendakian Gunung Rinjani, dapat dikatakan tak terlalu susah, seandainya telah menemukan trek yang pas. Ada sebagian trek pendakian yang umum dipilih, ialah Sembalun, Senaru, Timba Nuh, dan Torean. Umumnya, trek yang unggulan bagi pendaki ialah Trek Pendakian Sembalun, sebab trek nya cukup gampang dibandingkan trek pendakian lainnya.

Dalam Trek Pendakian Sembalun,kalianakan melalui padang savana yang datar. Tetapi penting untuk kalian tahu, bahwa krim pelindung  ultraviolet amatdisarankan mengingat udara dapat terasa sungguh-sungguh panas di siang hari.

Namun, di petang hari, udara di sekitar padang savana hal yang demikian dapat dikatakan tak terlalu panas, dan kalian juga dapat merasakan kicauan burung-burung yang merdu. Ada 4 pos yang  mesti dilewati dalam pendakian Gunung Rinjani ini, ialah pos 1, pos 2, pos 3, dan yang terakhir merupakan pos Plawangan Sembalun. Dalam pendakian ini, sungguh-sungguh dianjurkan untuk membawa air minum secukupnya, sebab tak seluruh pos yang kalian lewati terdapat mata air.

Estetika Gunung Rinjani memang tidak bisa diucapkan dengan kata-kata. Bagus di pagi hari, siang hari, sore hari, serta malam hari, pesona Gunung Rinjani senantiasa  nampak dengan megahnya. Terlebih di malam hari, dimana kalian akan memandang  langit yang bertabur bintang. Apalagi kalau kalian melihatnya sambil tiduran di luar kemah kalian, hmmm…bagaikan berselimutkan bintang-bintang yang gemerlapan..sungguh suatu pengalaman yang tidak akan terlupakan pastinya..

Salah satu daerah yang tak dilewatkan para pendaki dalam pendakian Gunung Rinjani ialah Danau Segara Anakan. Ya, danau menawan ini dapat ditemukan sesudah mencapai pendakian lewat dua trek, yakni trek Pendakian Sembalun dan trek Pendakian Senaru. Untuk menempuh Danau Segara Anakan dari trek Pendakian Sembalun, membutuhkan waktu sekitar minimal 8 jam, meskipun melewati trek Pendakian Senaru, membutuhkan waktu sekitar minimal 7 jam. Di sekitar Danau Segara Anakan, umumnya orang melaksanakan aktivitas seperti berkemah, berendam di air sulfur yang hangat, dan juga memancing ikan. Untuk menempuh danau ini, memang waktunya tak cepat, tetapi kalian tak akan menyesal  seandainya telah memandang keindahannya.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *