Air Terjun Timponan Lombok di Nusa Tenggara Barat yang Menenangkan Jiwa

Selain memiliki pantai, Pulau Lombok di Nusa Tenggara Barat juga memiliki potensi air terjun yang jempolan. Satu diantaranya Air Terjun Timponan di Karang Bayan, Lingsar, Kabupaten Lombok Barat.

Dari Mataram, perjalanan darat ke Karang Bayan hanya setengah jam. Sesampainya di sana, kendaraan dapat dititipkan di rumah warga. Maklum, tempatnya belum begitu terekspos sehingga belum tersedia lahan parkir untuk umum.

Oh ya, jangan lupa membawa perbekalan cukup. Soalnya di air terjun nanti tidak tersedia warung ataupun pedagang. Suasana sekitar masih sangat alami.

Jalur trekking ke air terjun tidak terlalu menanjak. Kondisinya terbilang bagus, meskipun cuma jalur macadam (jalan tanah). Sebenarnya, trekking selama 1,5 jam tersebut tergolong ringan. Di sepanjang perjalanan, kalian akan menikmati sungai, pepohonan, dan suasana di tengah kebun kopi milik warga.

Tinggi Air Terjun Timponan sekitar 50 meter. Di bawahnya, ada banyak formasi batuan yang membentuk kolam alami. Airnya yang deras akan memikat Kalian untuk mendekat dan berenang di kolam tersebut, dengan keadaan alamnya kalian harus encoba refleksi alam dengan membiarkan air derasĀ  jatuh ke badan.

Air mengalir melalui bebatuan dan menciptakan pemandangan yang indah untuk diabadikan dengan jepretan kamera. Hitung-hitung sekalian merekam jejak, bahwa kalian pernah berada di sana.

Suhunya yang sangat dingin tentunya sangat membuat kalian menggigil kedinginan disana, namun hal ituakan sirna jika kalian memang sudah ada persiapan, yaitu dengan hati yang gembira dan juga jiwa yang senang. Jangan lupa membawa pakaian ganti dan juga handuk karena jika kalian membiarkan pakaian kalian basah tanpa baju ganti tentunya akan merepotkan.

Beberapa pengunjung lain tak mau hanya menghabiskan satu hari di Air Terjun Timponan, sehingga tidak jarang ada tenda yang dipancang di bagian atas sungai. Lahan untuk camping tidak terlalu lebar, hanya cukup memuat tiga tenda ukuran sedang saja.

Melewatkan malam di Air Terjun Timponan asik juga, karena kalian mampu mendengar gemericik air di keheningan malam. Lumayan, buat menenangkan pikiran dan menyegarkanbadan.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *